14 SEO Basic Travel Blogging ala VirusTraveling.com

Author: | Posted in Tips 133 Comments

SEO Travel BloggerApa sih SEO itu?

Sebenarnya sudah banyak tips-tips dasar tentang pengoptimalan situs yang beredar di Internet. Bagi travel blogging, penerapan SEO sebenarnya sama saja. Hanya menurut saya diubah sedikit urutannya. Kalau internet marketer yang fokus SEO banget di websitenya (entah untuk adsense, clickbank, dll), urutan pertama yang harus dilakukan adalah riset kata kunci (Keyword Research). Karena akan percuma bikin konten yang bagus tapi ternyata high competition atau tak ada trafik pada kata kunci yang dibidik. Kata kunci ini penting sekali agar blog/website kita mendapatkan peringkat di halaman pertama Google. Kenapa halaman pertama? Karena disinilah sumber organic traffic google. Ada yang bilang, 60% traffic google itu ada di peringkat pertama google, sisanya bagi-bagi dengan peringkat dibawahnya (masih di halaman pertama) karena orang sudah malas membuka halaman 2, 3, 5, apalagi sampai ke halaman 10 google. Iya ga?

Di travel blogging, menurut saya konten/tulisan/artikel adalah yang paling utama karena sebagian besar tulisan didasarkan atas cerita dan pengalaman si travel blogger. Baru setelahnya memasukkan kata kunci yang tentunya harus memiliki hubungan dengan tulisan yang dibuat. Nah, postingan kali ini saya mau bagi-bagi tips 14 SEO Basic Travel Blogging ala kadarnya dari virustraveling.com. Semoga berkenan ya, gaes!

SEO (search engine optimization) sebenarnya mempunyai 2 tahapan penting, yaitu:

  1. Pengoptimalan pada situs kita (On-Page Optimization)
  2. Pengoptimalan diluar situs kita (Off-Page Optimization)

ON-PAGE OPTIMIZATION
1. Tulisan/Artikel
Seperti yang telah saya sebut diatas sebelumnya, karena ini fokusnya ke travel blogging, maka menurut saya tulisan/artikel sangat penting. Buatlah tulisan/cerita pengalamanmu, atau tips-tips tentang perjalananmu semenarik mungkin tapi tetap dengan gaya sendiri-sendiri. Karena kita sharing buat manusia bukan engine google dan konsistenlah menulis *keplak diri sendiri*.

2. Keywords
Berikutnya adalah memasukkan kata kunci (keyword) yang masih berhubungan dan relevan. Kata-kata kunci tersebut bisa kita dapatkan gratis dari Google Adwords. Dari sini kita bisa lihat sebenarnya orang-orang itu mengetik apa sih? Misalnya, saya telah selesai menulis tentang bukit moko, dan pengen tahu orang-orang mencari bukit moko di google ‘lewat’ kata kunci apa sih? Ini yang saya lakukan:

  • Masuk adwords melalui akun gmail.
  • Setelah itu pilih Tools>Keyword Planner
  • Kemudian pilih Search for new keyword and ad group ideas
  • Masukkan kata kunci ‘bukit moko’ (tanpa tanda petik dua)
  • Kemudian pilih Targeting: Indonesia, Indonesian. Kalau blognya bahasa inggris lebih enak lagi, karena targetnya global.
  • Klik Get ideas.

Google Adwords

Hasilnya ternyata orang-orang yang mencari bukit moko itu dengan mengetikkan ‘bukit moko bandung’ sebanyak 2900 pencarian rata-rata sebulan atau dengan kata lain, ada sekitar 96 orang per hari yang mencari bukit moko di google.
Pilihlah 1-2 kata kunci yang bisa dimasukkan ke dalam tulisan kamu yang masih relevan. Ingat, jangan terlalu banyak. 5-8 keywords sudah cukup sebagai Meta Keywords.

3. Meta Title
Disinilah kita butuh plugin SEO untuk input Meta Tags (title, keyword, description). SEO plugin ini akan saya bahas dipoint berikutnya. Meta title ini nantinya akan muncul di atas browser kita. Isi judul setidaknya memuat kata kunci yang kita bidik. Misalnya “Menggapai Puncak Kota Bandung dari Bukit Moko”.

4. Meta Description
Sama dengan Meta Title diatas, untuk input meta tags description juga kita harus menggunakan SEO plugin. Google menentukan setiap meta deskripsi hanya terbatas 160 karakter saja. Deskripsi ini haruslah memuat kata kunci yang telah kita masukkan kedalam meta keyword tadi.

Meta Title Description

Penampakan meta title, keywords, dan description di Google

 

5. Internal Linking
Dalam SEO, internal linking juga sama pentingnya dengan membangun backlink ke blog kita. Bangunlah tautan antara artikel satu dengan artikel lainnya. Dalam satu artikel, buatlah 1 tautan yang ngelink ke halaman itu sendiri, 1 tautan lagi ke halaman sebelumnya, dan 1 tautan halaman lain yang masih berkaitan.

6. Sitemap
Ada 2 tipe sitemap yang harus kita sediakan. Sitemap pertama ditujukan untuk manusia dalam hal ini adalah pembaca meski jarang ada yang melihat page ini. Contoh halaman sitemap bisa seperti ini >> http://www.virustraveling.com/sitemap
Dan sitemap yang satu lagi ditujukan untuk robot search engine google. Jadi ketika robotnya nyampe blog, dia langsung meng-crawl sitemap ini. Contohnya bisa dilihat seperti ini >> http://www.virustraveling.com/sitemap.xml
Untuk membuat kedua sitemap ini saya menggunakan plugin wordpress.

7. SEO Plugin
Untuk mempermudah memasukkan meta tags, sebaiknya menggunakan SEO Plugin. Plugin untuk SEO yang paling beken dan paling sering digunakan saat ini adalah SEO Yoast Plugin, dan All in SEO Pack Plugin. Pilih salah satu karena keduanya ga berjodoh tidak bisa berjalan bersama-sama apalagi gandengan. All in SEO Pack relatif lebih mudah dari pada SEO Yoast.

8. Struktur Permalink
Permalink adalah url blog. Default permalink biasanya (misalnya) http://www.virustraveling.com/?p=123 sebaiknya diganti menjadi settingan /%postname%/ misalnya seperti ini: http://www.virustraveling.com/ngos-ngosan-di-makam-papan-tinggi-kota-barus/

9. Optimasi Gambar (images)
Selain tulisan, travel blog juga pasti memuat gambar-gambar ciamik yang didapat sewaktu traveling. Tapi sayang, robot-robot search engine itu ga mengerti dengan gambar. Tak peduli dia betapa indahnya pemandangan dari puncak Mahameru. Karena tak punya mata dan perasaan, informasi apapun yang sampaikan, si robot pasti percaya. Dia hanya mengerti ‘alt tags‘. Misalnya, saya upload foto saya sendiri tapi dikasih alt tag ‘Tekno Bolang Lostpacker’, si robot pasti percaya. Saya banyak menemukan blog-blog yang memuat gambar yang tidak dioptimasi sama sekali. Misalnya langsung memasukan hasil foto dari kamera sehingga url foto seperti ini img-123456.jpg. Nah, mengoptimasi cukup dengan mengisi alt tag dan mengganti url foto sesuai dengan kata kunci misalnya view-bukit-moko-bandung.jpg.

OFF PAGE OPTIMIZATION
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan travel blog kita, diantaranya saya rangkumkan sebagai berikut:

10. Backlink
Point pertama untuk pengoptimalan diluar blog kita (off-page optimization) adalah mencari backlink. Sudah pada tau kan apa itu backlink, yaitu blog lain yang memberikan tautan langsung ke blog kita. Mencari backlink berkualitas itu susah-susah gampang, cirinya sebagai berikut: backlink berasal dari blog yang memiliki PR (pagerank) tinggi, dofollow, dan yang masih relevan dengan kata kunci.
Untuk mendapatkan backlink ini kita bisa melakukan blogwalking dan meninggalkan url blog kita dibagian comment. Berkomentarlah dengan wajar dan jangan sesekali melakukan spam atau komentar sampah seperti ‘Nice post, gan’ kesemua blog yang dikunjungi.

11. Submit Directories
Submit directories menurut saya perlu dilakukan. Submit travel blog kita ke ratusan directories yang ada (search google). Cukup disubmit sekali saja. Cicil-cicil saja 3-5 directories per hari dan siapkan juga 1 akun email dummy untuk menampung email-email spam dari directories itu.

12. Search Engine Submission
Search engine bukan google saja, ada buaanyaaak bgt. Yahoo, Bing, Aol, dll. Submit url homepage blog kita ke beberapa search engine. Sama seperti submit directories, submit url blog sekali saja, setelah itu lupakan.

13. Media Sosial
Salah satu cara untuk mendatangkan traffic ke blog kita adalah dengan memanfaatkan sosial media, misalnya facebook, twitter, google+, instagram atau path. Dari semua sosial media, hanya google+ lah yang di index oleh google. Jadi, rajin-rajinlah posting disini.

14. Forum
Selain media sosial, forum juga merupakan sumber traffik buat blog kita. Joinlah beberapa forum yang masih relevan dengan travel blog kita. Misalnya Kaskus Traveler, atau forum backpacker Indonesia. Buat akun, posting atau pun tinggalkan komentar untuk meninggalkan jejak kita disitu.

Oke, sekian tips-tips 14 SEO Basic ala kadarnya dari saya. Highlight SEO untuk travel blogging menurut saya adalah Konten dan Meta Tags. Oh ya, buat suhu dan masta-masta SEO dipersilahkan mampir ya dan ditunggu komennya.

***

Postingan ini adalah dalam rangka #posbar rutin keluarga besar Travel Blogger Indonesia (TBI) yang juga bertepatan dengan momen Valentine. Ikuti juga hastagnya ditwitter #14on14 dan baca postingan teman-teman yang lain.

1. Astin Soekanto  |  Makna Filosofis 14 Motif Tenun dari Nusa Tenggara
2. Danang Saparudin | 14 hal manis dan murah di Inggris
3. Danan Wahyu | 14 alasan mengunjungi Kerinci
4. Arie Okta | 14 Ragam Wisata Tanah Kelahiran
5. Ridwan SK | 14 Barang Yang Sebaiknya Kamu Bawa Ketika Traveling
6. Albert Ghana | 14 Objek Wisata Menarik di Kalimantan Barat
7. Lenny | 14 travel selfie around USA
8. Tekno Bolang | 14 Senja yang Bikin Kamu Galau
9. Fahmi Anhar | 14 Tempat Wisata Menarik di Dubai
10. Wisnu Yuwandono | 14 Foto Romantis di Sekitar Kepulauan Komodo
11. Yofangga | 14 film inspirasi perjalanan
12. Teguh Nugroho | 14 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Semarang
13. Dea Sihotang | 14 Things to do in Paris
14. Indri Juwono | 14 tindak tanduk asyik di wae rebo!
15. Parahita Satiti | 14 tempat cantik untuk Natarajasana
16. Titiw Akmar | 14 Lagu Momen untuk Traveling
17. Adlien | 14 Alasan kenapa harus Traveling Saat Muda
18. Rembulan Indira | 14 Places I want to Share with my Loved One
19. Wira Nurmansyah | 14 Tips Simpel agar Komposisi Foto makin Kece
20. Olive Bendon | 14 Langkah Menikmati Perjalanan tak Biasa
21. Indra Setiawan | 14 Hal yang bisa dilakukan di Palangkaraya

Tips Travel Blog
Comments
  1. Posted by indri juwono
    • Posted by Bobby Ertanto
      • Posted by indri juwono
        • Posted by Bobby Ertanto
          • Posted by indri juwono
          • Posted by Bobby Ertanto
  2. Posted by Ridwan SK
    • Posted by Bobby Ertanto
  3. Posted by dansapar
    • Posted by Bobby Ertanto
      • Posted by cumilebay.com
        • Posted by Bobby Ertanto
  4. Posted by Wisnu Yuwandono
  5. Posted by TC
  6. Posted by astin soekanto
    • Posted by Bobby Ertanto
  7. Posted by Olive B
    • Posted by Bobby Ertanto
  8. Posted by vika
    • Posted by Bobby Ertanto
  9. Posted by rachmat fazhry
  10. Posted by Nasrul
  11. Posted by Badai
    • Posted by Bobby Ertanto
  12. Posted by cumilebay.com
  13. Posted by TripVenia
  14. Posted by Arie Okta
  15. Posted by sutiknyo
    • Posted by Bobby Ertanto
  16. Posted by Mas Edy Masrur
  17. Posted by Dita
    • Posted by Bobby Ertanto
  18. Posted by vira
  19. Posted by fanny fristhika nila
  20. Posted by Keke Naima
  21. Posted by Yuki
  22. Posted by Rifqy Faiza Rahman
  23. Posted by Bulan
  24. Posted by astin soekanto
    • Posted by Bobby Ertanto
  25. Posted by Timothy W Pawiro
    • Posted by Bobby Ertanto
  26. Posted by EnjoyBackpacker
  27. Posted by catatansiubay
    • Posted by Bobby Ertanto
  28. Posted by Emakmbolang
    • Posted by Bobby Ertanto
  29. Posted by hanif
    • Posted by Bobby Ertanto
  30. Posted by Dea Sihotang
  31. Posted by Fahmi
    • Posted by Bobby Ertanto
  32. Posted by Fransiskus
  33. Posted by TripID
  34. Posted by Enry Mazni
    • Posted by Bobby Ertanto
      • Posted by Enry Mazni
  35. Posted by Dedew
  36. Posted by anotherorion
  37. Posted by Hidayah Sulistyowati
  38. Posted by Putri Ariza
  39. Posted by Mang Irham
  40. Posted by Mister John
  41. Posted by winny
  42. Posted by donna
    • Posted by Bobby Ertanto
  43. Posted by Paket Tour Pulau Tidung
  44. Posted by Muhammad Akbar
    • Posted by Bobby Ertanto
  45. Posted by Irham
  46. Posted by Gd
  47. Posted by Eky
  48. Posted by City Home Rent Car
  49. Posted by Andy
    • Posted by Bobby Ertanto
  50. Posted by Winny Tang
    • Posted by Bobby Ertanto
  51. Posted by Natalia
    • Posted by Bobby Ertanto
      • Posted by Muhammad Akbar
        • Posted by Bobby Ertanto
  52. Posted by adib mawardi
  53. Posted by agustina
  54. Posted by FebriyanLukito.com
    • Posted by Bobby Ertanto
  55. Posted by Gallant
  56. Posted by Chocky Sihombing
  57. Posted by bena
    • Posted by Bobby Ertanto
  58. Posted by Damsa Amirul Karim
  59. Posted by Sandi Iswahyudi
    • Posted by Bobby Ertanto
  60. Posted by Blog vico
  61. Posted by Susindra
  62. Posted by Genset Indo

Add Your Comment